Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

Pemerintah Desa Tegalwaru harap hasil panen Program Jamur BUMDes Tegalwaru di Pasarkan Sampai Keluar Negeri!! BUMDes Be

BUMDes Berkolaborasi dengan masyarakat beserta perangkat desa setempat membuat usaha jamur bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masuarakat. salah satu nya produk/usaha jamur yang di lestarikan di desa Tegalwaru yang dapat di pasar kan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Kami berharap Usaha ini dapat di kelola dengan baik, menjadi instrumen meningkatkan kemampuan ekonomi desa, mengurangi angka kemiskinan di masyarakat dengan menambah lapangan kerja bagi masyarakat setempat, dan membuat usaha jamur ini bisa di pasarkan ke dalam negeri maupun luar negeri” ujar Suhim setiawan Selasa (12/9/2023) Keadaan usaha jamur masih baru berjalan sebulan sejak harini yang dimana tempat dan fasilitas masih terus di tingkatkan. lahan usaha jamur tersebut terus di perbesar dan dengan usaha jamur ini juga dapat dijadikan tolak ukur meningkatnya kemampuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat

PEMBINAAN DAN PELATIHAN SATLINMAS OLEH PRAJA IPDN

Apa itu linmas? Linmas adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketenteraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan umum, serta membantu upaya pertahanan negara.  Di Desa Tegalwaru ada 15 Linmas yang bertugas menjaga keamanan desa. Kami praja IPDN yang sedang Bhakti Karya Praja di Desa Tegalwaru melaksanakan sosialisasi terkait pentingnya linmas dan tupoksi yang harus dikerjakan. Kebetulan, kami yang melaksanakan Bhakti Karya Praja berasal dari Fakultas Perlindungan Masyarakat sehingga menguasai materi terkait LINMAS.  Anggota LINMAS sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi karena penyampaian materi yang disampaikan oleh praja tidak membosankan. Praja IPDN mengadakan sesi tanya jawab kepada anggota LINMAS dan dari sesi tanya jawab tersebut kami mengetahui bahwa mayoritas anggota LINMAS di Desa Tegalwaru ini bekerja sudah lebih dari 10 tahun. Kami menjelaskan, apabila sudah lebih dari 10 tahun bekerja akan mendapatkan penghargaan sesuai dengan peraturan mentri dalam negeri no 26 tahun 2020 Sehingga dengan adanya sosialisasi ini pengetahuan anggota LINMAS dapat bertambah dan menjadi pengalaman juga bagi para praja yang melaksanakan Bhakti Karya Praja.

Rumah Idaman? Yuk mampir! Praja IPDN dan Perangkat Desa Mengunjungi Tempat Pembuatan Roster di Desa Tegalwaru

Mungkin belum banyak yang mengenal elemen roster. Roster merupakan inovasi desain rumah yang terbilang modern dan artistik. Roster bukan merupakan elemen desain baru, tetapi tengah menjadi tren. Dengan elemen ini tampilan ruangan bisa menjadi lebih indah dan menarik. Praja ipdn yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja Bersama perangkat Desa Tegalwaru turun  langsung ke lapangan untuk mengunjungi serta melihat proses pembuatan Produk Roster yang di buat oleh Masyarakat Desa Tegalwaru. Hal ini menunjukan kepedulian terhadap kemajuan dan kesejahteraan warga Desa Tegalwaru. Adapun roster ini terbuat dari dolomit dan semen, selanjutnya membutuhkan proses pengolahan yang cukup panjang atau dalam kurun waktu 1 hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Roster ini juga memiliki banyak motif yang beragam dan menarik sehingga akan memperindah dalam pembuatan desain rumah. Setiap pekerja dapat menghasilkan 60 sampai 100 buah produk roster perhari dimana mereka diupah sebesar Rp 2.000,- persatuan roster. Harga dari roster ini yaitu Rp 12.000,- /pcs, kemudian untuk pengiriman produk roster di area Jabodetabek bisa diantar dengan minimal pembelian 100 pcs.

KEGIATAN PENYAMBUTAN PARA PRAJA IPDN DI DESA TEGALWARU

Desa Tegalwaru ,06 September 2023  Pukul : 09.30 Wib Suasana Kebahagiaan di Desa Tegalwaru Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta Propinsi Jawa Barat ketika tibanya para praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri ( IPDN ), untuk menjalani Program Pengabdian kepada Masyarakat, kehadiran mereka di sambut dengan hangat oleh Kepala Desa Beserta Para Perangkatnya serta dari pihak Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Desa. Sebanyak 9 praja IPDN dari berbagai latar belakang jurusan dan beragam Suku,Bahasa,Agama serta tempat tiggal yang berbeda dengan jumlah laki-laki 6 orang dan perempuan 3 orang. Program ini merupakan bagian integral dari kurikulum IPDN yang bertujuan untuk mempersiapkan calon-calon pegawai Pemerintahan Dalam Negri/Pegawai Negeri Sipil untuk mengenal lebih dekat kehidupan Masyarakat Desa Tegalwaru. Selama Program ini Praja IPDN akan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan di antarnya Penyuluhan,Pelatihan dan Pengelolaan Webdesaku serta program-program lainnya. mereka juga akan belajar lebih dalam tentang struktural pemerintahan Desa dan Peranannya dalam mengelola sumber daya lokal. Suhim Setiawan selaku Kepala Desa Tegalwaru sangat antusias tentang kedatangan Praja IPDN " Kami Siap Bekerja Sama dan membantu  para Praja IPDN dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di Desa Tegalwaru mulai dari tanggal 06 s/d 18 September 2023 " Begitu Ujarnya Kepala Desa Tegalwaru.  

MEMERIAHKAN HUT RI DESA TEGALWARU MEMBUAT PERLOMBAAN ADZAN,MTQ & DACIL ( Da'i Cilik )

Dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 Desa Tegalwaru Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta mengadakan beberapa acara perlombaaan diantaranya perlombaan ADZAN,MTQ Dan DACIL (Da'i cilik).Pada hari minggu jam 20.00 wib Tanggal 14 Agustus 2022 Desa Tegalwaru melaksanakan perlombaan yang pertama yaitu lomba  adzan, yang di ikuti oleh anak-anak yang ada di Wilayah Desa Tegalwaru dengan di awali dengan acara pembukaan oleh Bapak Lurah Desa Tegalwaru yaitu Bapak Suhim Setiawan, di lanjutkan dengan pengarahan dari para Juri yang ahli  di bidangnya sebagai dasar untuk penilaian nya, dilanjut dengan penampilan para peserta adzan yang pada semangat dan keren-keren, Alhamdulilah warga masyarakat Tegalwaru sangat antusias dan mengapresiasi adanya acara tersebut sehingga acara nya berjalan lancar dan meriah.Acara akan dilanjutkan pada hari senin jam 20:00 wib dengan perlombaan lain nya. Sekian Dan Terima Kasih.