Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

RENCANA PEMBANGUNAN WADUK DI DESA TEGALWARU : PRAJA IPDN IKUT MENINJAU LAHAN WADUK.

Praja IPDN kelompok 124 bkp tegalwaru ikut meninjau lahan rencana pembangunan waduk di desa tegalwaru bersama dengan bapak sekretaris desa. pembangunan waduk ini sebenarnya sudah direncanakan sejak dulu namun dalam perencanannya belum diterima oleh pemerintah daerah hal ini disebabkan pembangunan waduk memerlukan dana yang cukup banyak. “kalau pakai apbdes untuk pembangunan waduk itu tidak mungkin karena kisaran rencana pembiayayan pembangunan waduk itu mencapai 25 miliar lebih” ujar sekdes tegalwaru saat meninjau lahan rencana pembangunan waduk. pembangunan waduk di desa tegalwaru merupakan suatau rencana pembangunan yang penting hal ini dikarenakan pada saat musim kemarau desa tegalwaru mengalami bencana kekeringan. banyak warga yang mengeluh akibat adanya kekeringan disaat musim kemarau sehingga air bersih sangat sulit dijangkau untuk kepentingan rumah tangga. dengan adanya rencana pembangunan waduk ini nantinya pada saat musim kemarau air bersih di desa tegalwaru dapat dinikmati baik untuk rumah tangga maupun pengairan sawah, selain desa tegalwaru beberapa desa juga dapat menerima manfaat dari adanya waduk yang direncanakan ini.

TERTIB!!!Warga Desa Tegalwaru menerima bantuan non tunai

Sebagai program meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah desa tegalwaru memberikan bantuan non tunai berupa kebutuhan pangan seperti Beras dan kebutuhan pangan lainnya, kegiatan ini berjalan tertib dan masyarakat antusias dalam mengantri pembagian bantuan non-tunai tersebut. Praja IPDN juga ikut turun membantu pembagian bantuan non tunai tersebut sehingga bisa di terima secara tertib dan tidak memakan waktu, kegiatan ini berlangsung pada hari minggu, 10 september 2023.

BERSAMA PRAJA IPDN MENCEGAH TERJADINYA STUNTING DI DESA TEGALWARU

Praja IPDN melakukan silaturahmi dan perkenalan ke Bidan Desa dan Kader Posyandu di Kantor Puskesdes Desa Tegalwaru Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut selain bidan desa hadir juga Kader Posyandu tegalwaru, dan sejumlah masyarakat. Praja IPDN yang melaksanakan bhakti karya praja di desa tegalwaru turun ke kantor puskesdes untuk melakukan silahturami dengan bidan desa dan kader posyandu yang ada di kantor puskesdes dan praja ipdn juga ikut terlibat dalam melakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Dalam hal ini praja ipdn juga memantau tingkat stunting yang ada di desa tegalwaru dan memberikan sedikit penyuluhan tentang stunting dan pencegahan-pencegahan terjadinya stunting bagi anak-anak bayi maupun balita.

Pengajian Rutin Warga Masyarakat Desa Tegalwaru

Kepala desa serta warga desa melaksanakan pengajian rutin setiap 1 kali dalam dua minggu yang dilaksanan tiap hari jumat. Dalam hal ini praja ikut berpartisipasi baik praja yang beragama muslim dan non muslim karena ini adalah bentuk toleransi yang dilakukan dalam berkehidupan masyarakat “Para praja yang bukan beragama muslim kami mengucapkan terimakasih atas kehadirannya dan partisipasinya dalam kegiatan pengajian ini, kami bukan memaksa atau mengajak praja yang beragama nonmuslim wajib dalam mengikuti pengajian ini tetapi ini adalah bentuk toleransi yang dilakukan para praja sekalian karena didalam negara kita toleransi itu sangat dijunjung tinggi dalam bermasyarakat” ujar pak Sekretaris Desa Tegalwaru.  Kegiatan ini rutin dilakukan untuk mendekatkan kita kepada sang pencipta dan juga untuk menjalin silaturahmi yang dilakukan kepala desa dengan warga masyarakat desa karena bukan hanya melakukan pengajian saja tetapi ada hidangan yang disediakan oleh bapak kepala desa sebagai bentuk rezeki yang diberikan tuhan kepada kita. Masyarakat Desa Tegalwaru sangat partisipan dalam pengajian ini karena sesibuk apapun kita bekerja kita harus tetap mengingat sang pencipta karena dengan Dia lah kita dapat merasakan nikmat yang begitu besar.

Beberapa praja Ipdn membantu masyarakat desa tegalwaru untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan tempat pemakaman umun

Kegiatan kerja bakti membersihkan Tempat Pemakaman Umum ini dilakukan pada hari kamis,14 September 2023.Kerja bakti membersihkan TPU ini sudah menjadi hal rutin yang dilakukan oleh warga desa tegalwaru.  Bersih makam merupakan salah satu kearifan lokal yang kaya akan nilai-nilai berwawasan kesehatan yang masih terjaga hingga kini.Diantara tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan makam  Terdapat nilai filosofi tersendiri dalam Tradisi Bersih. Bersih merupakan sebuah manifestasi perintah agama yang mengajarkan manusia untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena kebersihan merupakan sebagian dari Iman.  Menjaga kebersihan lingkungan dalam tradisi Bersih dilakukan dengan membersihkan area makam. Jika tidak dibersihkan, area makam bisa saja menjadi vektor berbagai macam penyakit. Seperti sarang nyamuk, serangga, maupun hewan melata berbahaya  Dengan dibersihkan secara berkala, kesehatan lingkungan makam akan tetap terjaga. Bersih juga bisa menjadi sarana bagi deteksi dini terjadinya pencemaran  Hebatnya, filosofi tradisi bersih tidak hanya melulu soal kebersihan dan kesehatan lingkungan. Akan tetapi juga mencakup tentang kebersihan hati dan kesehatan jiwa.  Dengan mendatangi makam leluhur, akan memantik rasa syukur dalam hati atas anugerah yang telah diberikan Tuhan. Tradisi ini juga dapat mengingatkan kita akan jerih payah, perjuangan dan pengorbanan para leluhur sehingga timbul rasa menghargai.